Minggu, 18 Maret 2012

Geographic Resources Analysis Support System (GRASS) Software GIS Open Source

Geographic Resources Analysis Support System Biasanya disebut sebagai GRASS, ini adalah gratis Sistem Informasi Geografis (SIG) perangkat lunak yang digunakan untuk pengelolaan data geospasial dan analisis, pengolahan gambar, grafis / produksi peta, pemodelan spasial, dan visualisasi. GRASS saat ini digunakan dalam pengaturan akademik dan komersial di seluruh dunia, maupun oleh lembaga pemerintah dan perusahaan konsultan lingkungan. GRASS adalah proyek resmi Open Source Geospatial Foundation.

Informasi Umum
Sumber Daya Geografis Analisis Sistem Pendukung, sering disebut sebagai GRASS GIS, adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) digunakan untuk manajemen data, pengolahan gambar, produksi grafik, pemodelan spasial, dan visualisasi berbagai jenis data. Hal ini Gratis (Gratis) Software / Open Source dirilis di bawah GNU General Public License (GPL)> = V2. GRASS GIS merupakan proyek resmi Open Source Geospatial Foundation.

Awalnya dikembangkan oleh US Army Construction Engineering Research Laboratories (USA-CERL, 1982-1995), sebuah cabang dari US Army Corp of Engineers, sebagai alat untuk pengelolaan lahan dan perencanaan lingkungan oleh militer, GRASS GIS telah berkembang menjadi kuat utilitas dengan berbagai aplikasi di berbagai bidang penelitian ilmiah. GRASS saat ini digunakan dalam pengaturan akademik dan komersial di seluruh dunia, serta instansi pemerintah termasuk NASA, NOAA, USDA, DLR, CSIRO, Taman Nasional Layanan, Biro Sensus Amerika Serikat, USGS, dan banyak perusahaan konsultan lingkungan.

The GRASS rilis 6 baru memperkenalkan mesin topological vector baru 2D/3D dan dukungan untuk analisis jaringan vektor. Atribut sekarang dikelola dengan berbasis SQL DBMS. Seorang manajer tampilan baru telah diterapkan. Alat visualisasi NVIZ telah disempurnakan untuk menampilkan data vektor 3D dan volume voxel. Pesan secara parsial diterjemahkan (I18N) dengan dukungan untuk font FreeType, termasuk karakter Asia multibyte. Lokasi baru dapat otomatis dihasilkan oleh nomor kode EPSG. GRASS terintegrasi dengan GDAL / OGR perpustakaan untuk mendukung berbagai pilihan format raster dan vektor, termasuk OGC-konformal Fitur Sederhana.

Tim Pengembangan GRASS telah berkembang menjadi sebuah tim multi-nasional yang terdiri dari pengembang di berbagai lokasi.

Pada bulan September 2006, Proyek GRASS Komite Pengarah dibentuk yang bertanggung jawab untuk keseluruhan manajemen proyek. PSC ini terutama bertanggung jawab untuk pemberian akses tulis SVN.


Fitur –Fitur GRASS
GRASS (Geographic Resources Analysis Support System) adalah raster / vektor GIS, sistem pengolahan citra, dan sistem grafis produksi. GRASS mengandung lebih dari 350 program dan alat untuk membuat peta dan gambar pada monitor dan kertas; memanipulasi data raster, vektor, dan situs, multi proses data citra spektral, dan membuat, mengelola, dan menyimpan data spasial. GRASS menggunakan kedua antarmuka yang intuitif jendela serta sintaks perintah baris untuk kemudahan operasi. GRASS dapat antarmuka dengan printer komersial, anggota komplotan, digitizers, dan database untuk mengembangkan data baru serta mengelola data yang ada.

GRASS dan dukungan jaringan untuk tim
GRASS mendukung kelompok kerja melalui LOKASI / konsep mapset yang dapat diatur untuk berbagi data melalui NFS (Network File System). Menjaga LOKASI DENGAN MAPSETs mendasarinya pada server pusat, tim dapat bekerja secara bersamaan dalam database proyek yang sama.

GRASS GIS Lisensi dan Pemrograman
GRASS dirilis di bawah GNU GPL> = V2, kode sumber (5.x: lebih dari 1 juta baris C; 6.x 500k SLOC) benar-benar tersedia. GRASS GIS menyediakan perpustakaan yang canggih yang dapat digunakan untuk perkembangan sendiri. Pedoman Programmer GRASS yang tersedia untuk di-download.

Platform Grass

    
GRASS ditulis dalam ANSI-C dan adalah POSIX compliant: C-API
    
Sebuah awal C + + antarmuka tersedia
    
Arsitektur: Intel x86, Motorola PPC, SGI MIPS, Sun SPARC, Alpha AXP, HP PA-RISC, CRAY, yang lain.
    
Sistem operasi: GNU / Linux (Intel, PowerPC, Sun, ...) Solaris (SPARC, i86), SGI IRIX, HP UX, Mac OS X (Darwin), IBM AIX, BSD-Unix varian, FreeBSD, CRAY Unicos, iPAQ / Linux handhelds dan platform UNIX kompatibel (32/64bit), tambahan MS-Windows asli atau Cygnus.

Kode sumber dan binari yang dipilih dapat di-download.
Impor / Ekspor: Data format yang didukung oleh GRASS

    
2D raster data,
    
3D raster data (voxel),
    
topologi vektor data (2D dan 3D)

Secara rinci:

Raster: Perpustakaan GDAL (r.in.gdal) digunakan, lihat format daftar proyek GDAL untuk kemampuan penuh. Contohnya termasuk:

    
Raster: ASCII, ARC / GRID, E00, GIF, GMT, TIF, PNG, Erdas LAN, Vis5D, Surfer (GRD.) ...
    
Gambar: CEO (SAR, SRTM, LANDSAT7 dll), Erdas LAN, HDF, LANDSAT TM / MSS, foto udara NHAP, SAR, SPOT, ... dapat dibaca

VEKTOR: Perpustakaan OGR (v.in.ogr) digunakan, lihat daftar OGR proyek format. Contohnya termasuk:

    
Vektor: ASCII, ARC / INFO ungenerate, ARC / INFO E00, ArcView SHAPE (dengan koreksi topologi), BIL, DLG (AS), DXF, DXF3D, GMT, GPS-ASCII, USGS-DEM, Idrisi, MOSS, MapInfo MIF, TIGER, VRML, ...
    
Situs (daftar titik data vektor): XYZ ASCII, CSV, dBase, ...

                                                              User Interface
                                                      Raster map operations

                                    Platforms (Linux, Mac, Windows, Handhelds)

                                                                Vector map operations

                                       3D Visualization

                                                                


 

1 komentar:

  1. terima kasih ini sangat bermanfaat

    kunjungi juga website saya <1511500034@mahasiswa.atmaluhur.ac.id> => https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/istaryani/beranda => http://istaryani.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    terima kasih

    BalasHapus