Kamis, 29 Maret 2012

Arc Object dan Map Object


ArcObjects adalah seperangkat platform independen, komponen model data berbasis geografis yang ditulis dalam C + +. ArcObjects menawarkan layanan untuk mendukung dan membangun sistem informasi geografis (SIG) solusi dan merupakan dasar dari keluarga ArcGIS produk berevolusi secara progresif untuk memenuhi kebutuhan pengembang GIS dan pengguna.
ArcObjects layanan dapat dikategorikan sebagai layanan dasar, akses data, analisis peta, penyajian peta, komponen pengembang dan kerangka pengembangan Web, dan antarmuka pengguna dan ekstensi. Layanan yang diorganisir di bawah ArcGIS Desktop, ArcGIS Engine, dan ArcGIS Server untuk menyesuaikan kebutuhan pengembang GIS. Lihat ilustrasi berikut yang menunjukkan layanan yang diselenggarakan dengan setiap produk: 


ArcGIS Desktop
ArcGIS Desktop aplikasi berisi banyak kotak dialog dan halaman properti yang memungkinkan pengguna akhir untuk bekerja secara efektif dengan fungsi objek. ArcObjects berisi properti untuk dimodifikasi oleh pengguna aplikasi ini harus memiliki halaman properti diciptakan untuk properti ini.
Tidak semua objek membutuhkan halaman properti.
Layanan dasar, akses data, analisis peta, dan kategori presentasi peta yang terdapat dalam ketiga produk ArcGIS, mayoritas terdiri dari fungsionalitas GIS terkena pengembang dan pengguna di ArcGIS. Ini kesamaan fungsi antara semua produk adalah penting bagi pengembang untuk memahami, karena itu berarti bahwa ketika bekerja di kategori tertentu, banyak upaya pembangunan dapat ditransfer antara produk ArcGIS dengan sedikit perubahan untuk perangkat lunak (ini adalah bagaimana ArcGIS arsitektur dikembangkan).
ArcGIS Mesin
Penggunaan ArcObject adalah dalam aplikasi kustom. ArcObjects di Mesin ArcGIS harus mendukung berbagai penggunaan; kotak dialog sederhana peta, server multithreaded, dan kompleks desktop Windows aplikasi semua kemungkinan penggunaan benda ArcGIS Engine. Dependensi objek dalam Mesin ArcGIS harus benar-benar dipahami. Dampak menambahkan dependensi eksternal untuk ArcObjects harus cermat, karena dependensi baru dapat memperkenalkan kompleksitas yang tidak diinginkan untuk instalasi dari aplikasi yang dibangun di Mesin ArcGIS.
ArcGIS Server
ArcObject ini digunakan dalam rangka server dimana klien dari objek biasanya terpencil. Terpencilnya klien dapat bervariasi dari lokal-mungkin pada mesin yang sama atau jaringan ke yang jauh, di mana klien dapat di Internet. ArcObjects berjalan di server harus terukur dan benang-aman untuk mengizinkan eksekusi dalam lingkungan multithread. 
Map Objects 2.1

Map Objects merupakan suatu software yang menyediakan fasilitas mapping / peta pada sebuah aplikasi. Map objects juga dapat dikombinasikan dengan komponen lain dari vendor yang berbeda seperti grafik, multimedia, dan database. Map objects terdiri dari ActiveX komponen (OCX) dan sekitar 45 objects.

ESRI Shapefiles

ESRI shapefile menggunakan format yang sederhana dalam penyimpanan atribut dan lokasi geometris. File-file utama yang dihasilkan menggunakan nama awal / prefix yang sama tetapi ektension-nya yang berbeda. File-file tersebut terdiri dari :

.shp -  file yang menyimpan data geometri

.shx - file yang menyimpan index dari data geometr

.dbf - file yang menyimpan atribut dari peta


 Koneksi Database

Map Objects menyediakan suatu aplikasi dengan database yang berbeda. Tentu saja, database tersebut harus terkoneksi dengan database peta. Tiap-tiap database mempunyai prosedur koneksi tersendiri, yang secara lengkap digambarkan pada gambar  di bawah ini. Koneksi dari map objects ke SQL Server menggunakan komponen ADO dan ODBC. ODBC digunakan untuk koneksi dengan SQL server sedangkan komponen ADO digunakan untuk koneksi dengan map objects.



Sumber : https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:TMZZUqoc1s4J:digilib.petra.ac.id/jiunkpe/s1/info/2003/jiunkpe-ns-s1-2003-26498025-1709-taskin-chapter2.pdf+&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEEShGNkXJK8_rCPACwGXURB2WkYRR9o9d4feP6hpeHaDA_f0onptw-ORGcK5bmUkt3I4iX1jC0i6CaoewPiQsl1I8BVCeK0StJ1gAB8TqZx9KCIK3pbgFer0aeCz4bWipYr8fZuhi&sig=AHIEtbStpumkb5U-ayicLwJyJYFZFEko_g 

http://resources.esri.com/help/9.3/arcgisengine/java/doc/b0a96bd8-fc78-4573-9a70-e108cf6a4580.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar