Kamis, 29 Maret 2012

ARCPAD software untuk Mobile GIS

ARCPAD software untuk Mobile GIS

May 20, 2011 | In: ArcPad
GIS Mobile adalah suatu kebutuhan.  Selama ini banyak kegiatan di lapangan yang menggunakan GPS, laptop/Notebook dan software GIS untuk melakukan realtime mapping.  Dengan konfigurasi yang baik, pengguna akan dapat melihat posisi nya di lapangan pada peta, citra atau bentuk spatial lainnya.  Dengan ini pengguna dapat melakukan mapping secara real time, pengecekan akurasi dan interpretasi langsung di lapangan.  Tetapi konfigurasi sedemikian banyaknya alat yang terlibat ; GPS, Laptop dan kabel2 data dan kebl power supply membuat hal ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.  ESRI telah menjawab kebutuhan tersebut dengan aplikasi Mobile GIS yang bernama ARCPAD.
Kita dapat mencoba ARCPAD pada alamat ini : http://www.esri.com/software/arcgis/arcpad/index.html .  Bila kita ingin mencoba maka versi trial ARCPAD ini dapat diinstal pada berbagai PDA keluaran terbaru baik yang menggunakan windows mobile 2003 atau windows mobile 5.  Menilik kemampuan ARCPAD sebagai aplikasi mobile kita akan tercengang dengan berbagai kehandalannya.  Kemampuan menampilkan data spatial dalam bentuk shapefile, koordinat dan proyeksi, kemampuan editing data shape, kemampuan grafis dan kemampuan menampilkan citra dalam bentuk tiff dan geo jpg.  Maka seakan-akan kita memiliki arcgis dalam bentuk yang mini.  Kemampuan arcpad tersebut akan jauh lebih meningkat bila handheld yang kita miliki memiliki kemampuan GPS baik internal atau eksternal.
Dengan adanya GPS yang telah dikonfigurasi untuk bekerja dengan arcpad seperti pada IPAQ 6965, maka software ini juga dapat berfungsi sebagai field mapping software, keperluan navigasi  dan mobile gis sekaligus.  Kemampuan tersebut jelas-jelas jauh melibihi aplikasi navigasi lain seperti mapking, nusamap dan lainnya.  Arcpad ini akan mengalami peningkatan kecepatan loading data dan pengolahan data bila digunakan pada windows mobile 5 dibandingkan dengan versi sebelumnya windows mobile 2003.
Arcpad dapat diinstal dengan mudah.  PDA di cradle kemudian pastikan activesync aktif dan jalankan setup yang telah didownload.  satu dua klik pada layar pda akan menyelesaikan seluruh prosedur instalasi.  Dan pengguna dapat langsung menggunakan arcpad ini.  Bagi yang telah terbiasa dengan produk ESRI seperti ARCGIS maka hanya diperlukan waktu sedikit saja untuk menggunakan seluruh fitur pada arcpad.  Tetapi bagi pemula GIS ya tetap harus belajar GIS dulu….
Bila kita menginstal sampel data, maka kita bisa langsung menampilkan data seluruh bumi dalam proyeksi mercator.  Data tersebut dapat langsung kita lengkapi bila kita membuat track jalan misalnya…. Selamat mencoba….. !!!
sumber: http://www.handokogis.com/index.php?option=com_content&task=view&id=48&Itemid=38

2 komentar:

  1. terima kasih gan atas ARCPAD software untuk Mobile GIS, dengan adanya ini saya bisa mengeetahui arti gis dalam mobile, semoga ilmu aan bertambah dan rekeji nya bertmbahh juga, n jangan lupa berkunjungan di website saya http://cacpcuy.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan kampus saya www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. makasi ya min, ilmunya sangat bermanfaat
    kujungiya website saya:https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/btadventure?pli=1
    dan juga website kampus saya: www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus