Selasa, 14 Juni 2011

Tugas Kelompok

SOAL BAHASA INDONESIA 2 YANG HARUS DIUPLOAD (BULAN TUGAS BULAN APRIL)
Kerjakan soal berikut dalam kelompok (maksimal 3 orang). Setelah selesai tugas harus diupload di student site masing-masing.

1.      Dalam urutan sebab-akibat, penulis memulai proses kreatif menulis  dengan  membicarakan permasalahan yang menyebabkan terjadinya masalah yang lain. Jelaskan pernyataan tersebut!
Jawab :

a.      Dapat diketahui dalam penulisan hubungan sebab-akibat memiliki keterkaitan antara permasalahan-permasalahan yang dibuat dengan akibat yang di timbulkan .  
b.      Pada awal paragraf penulis memulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat
c.       contoh :
Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagi penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal


2.      Deskripsi merupakan sebuah karangan yang mengajak pembacanya untuk dapat mendengar, melihat dan merasakan secara langsung. Jelaskan pengertian deskripsi dan uraiakan pernyataan di atas disertai contoh yang jelas!
Jawab :
a.      Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan jelas dan terperinci. Paragraf deskrispi bertujuan melukiskan atau memberikan gambaran terhadap sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, membaca, atau merasakan hal yang dideskripsikan.
Contoh : keadaan banjir, suasana di pasar

b.      Contoh : Kamar itu, menurut penglihatan saya, sangatlah besar dan bagus. Sebuah tempat tidur besi besar dengan kasur, bantal, guling, dan kelambu yang serba putih, berenda dan berbunga putih, berada di kamar dekat dinding sebelah utara. Kemudian, satu cermin oval besar tergantung di dinding selatan. Di kamar itu juga ada lemari pakaian yang amat besar terbuat dari kayu jati. Lemari kokoh itu tepat berada di samping pintu kamar

3.      Dalam bab pertama pendahuluan dari sebuah laporan meliputi perumusan masalah yang hendak dipaparkan dalam laporan. Buatlah ide penelitian dan tulis perumusan masalah secara jelas.

  1. Ide Penelitian
Penjual dalam hal ini petani kecil dan nelayan kecil pada umumnya memiliki
keterbatasan dalam mengendalikan hasil panen dan mengakses pasar. Peningkatan
nilai tambah bagi komoditas pangan masih sangat terbatas. Kalaupun ada,
keuntungan yang didapatkan penjual sangat sedikit dibandingkan perolehan pelaku
rantai pemasaran yang lain. Hal ini bisa dikatakan bahwa semakin panjang rantai
pemasaran maka akan semakin sulit memperoleh harga dan pendapatan yang lebih baik bagi petani dan nelayan. Keadaan geografis Provinsi Maluku Utara yang terdiri dari pulau-pulau menambah semakin sulit pihak petani dan nelayan dalam memberi informasi hasil komoditasnya kepada pembeli dengan harga yang kompetitif. Para pedagang pengumpul biasanya mendatangi petani dan nelayan dengan memberikan peanawaran harga yang lebih rendah dibandingkan harga yang ditawarkan dari agen pengumpul. Petani dan nelayan mau tidak mau harus melepaskan hasil komoditasnya kepada pedagang pengumpul karena ketidakmampuannya memberikan informasi kepadaagen pengumpul secara langsung karena lokasi yang sulit dijangkau.

Berkembangnya teknologi telekomunikasi hingga saat ini, telah mempengaruhi
berbagai sendi kehidupan sehingga membuat aktivitas berkomunikasi masyarakatsemakin maju. Pengaruh yang ditimbulkan antara lain mulai dari keinginan berkomunikasi dengan mudah, akses semua informasi yang ada dan sebagainya. Salah satu contoh teknologi yang berkembang adalah Short Message Service (SMS), di mana informasi dapat dikirim dan diterima dengan mudah dan cepat. J2ME atau Java2 Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak
digunakan dalam pengembangan aplikasi pada perangkat bergerak dewasa ini, mulai dari aplikasi yang berupa permainan sampai dengan aplikasi pendukung terhadap aplikasi yang lebih besar seperti aplikasi enterprise. Aplikasi ini dapat hadir dan siap membantu pengguna dalam menjalankan bisnisnya di mana dan kapan saja selama perangkat pendukungnya dapat berfungsi dengan baik, pemikiran bahwa dunia seakan-akan telah berada dalam genggaman benar-benar telah terjadi. Penggabungan pemanfaatan teknologi SMS dan J2ME secara bersamaan diharapkan dapat membantu petani dan nelayan kecil dalam menginformasikan hasil komoditasnya dengan cepat dan tepat sehingga akan memberikan harga kompetitif terhadap hasil komoditas pangan melalui mekanisme pelelangan.
  1. Perumusan Masalah
Permasalahan yang akan diselesaikan dalam penelitian ini adalah
memanfaatkan teknologi SMS sebagai media yang akan digunakan untuk mengirimpesan informasi hasil pangan dari penjual ke agen pengumpul dan teknologi J2ME untuk mengelola pesan pada sisi agen.


Selesaikan soal silogisme di bawah ini :

4.  a. Premis My : Semua negara di Asia Tenggara yang sedang berkembang tergabung   dalam ASEAN
Premis Mn  : Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang di Asia
Jawab :
1.      Indonesia tergabung dalam ASEAN ( Tidak bisa ditarik kesimpulan)

     b. My : Beberapa nelayan memiliki perahu bermotor
  Mn : Beberapa tengkulak memiliki perahu bermotor

Kesimpulan yang dapat diambil dari premis diatas adalah……
1.      Nelayan dan tengkulak sama-sama memiliki perahu bermotor ( Tidak bisa ditarik kesimpulan)

5
  1. Karena kakak mengidap penyakit maag, maka kakak tidak boleh makan makanan yang asam.
  2. Karena mengidap penyakit lever, ayah tidak boleh makan hidangan yang berlemak.
Jelaskan pernyataan kalimat di atas dalam konsep berpikir induktif!

  1. kalimat  diatas dimulai mengemukakan hal-hal yang khusus (Karena kakak mengidap penyakit maag)kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang umum(maka kakak tidak boleh makan makanan yang asam). Gagasan utama terletak pada akhir kalimat .
  2. Ciri-ciri Paragraf Induktif
    - Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus
    - Kemudian, menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus
    - Kesimpulan terdapat di akhir paragraf
    - Menemukan Kalimat Utama, Gagasan Utama, Kalimat Penjelas
    Kalimat utama paragraf induktif terletak di akhir paragraf
    - Gagasan Utama terdapat pada kalimat utama
    - Kalimat penjelas terletak sebelum kalimat utama, yakni yang mengungkapkan peristiwa-peristiwa khusus
    - Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung gagasan utama

6.  Misalnya Anda mengemukakan gagasan bahwa tinggal di daerah kumuh tidak baik bagi kesehatan. Gagasan yang dilengkapi dengan keterangan dan informasi ini menggunakan metode  induktif.
Rancang latar belakang, lingkup permasalahan dan  tujuan penelitian pada ide tersebut!
  1. Latar Belakang
Kesadaran masyarakat yang kurang mengenai kebersihan, kesehatan serta kurang tanggap nya pemerintah dalam melihat perkembangan penduduk
Kurangnya komitmen pemerintah dalam membangun tata kota yang baik
  1. Lingkup permasalah
Timbulnya berbagai macam penyakit diakibatkan kesadaran masyarakat yang kurang bagaimana menjaga lingkungannya
  1. Tujuan Penelitian
Sosialisasi kebijakan pemerintah kota terkait dengan program menjaga lingkungan sekitar serta penataan kembali permukiman kumuh perlu lebih digalakkan dengan melibatkan kelompok masyarakat di permukiman kumuh.

7. Identifikasi kesalahan pada pernyataan di bawah ini dalam konsep berpikir deduktif!
a.   Semua pelaku kejahatan adalah korban rumah tangga yang
b.  Saya tidak pandai berenang. Hampir semua anggota keluarga saya tidak dapat berenang.

Jawab :
  1. Dalam konsep berpikir deduktif dapat kita ketahui bahwa berpikir deduktif adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus. Kalimat utama di awal dan diikuti kalimat penjelas. Kesalahan pernyataan diatas
( pada awal kalimat menerangkan hal yang bersifa khusus terlebih dahulu)
  1. Tidak ada keterkaitan antara kalimat diatas dengan konsep berpikir deduktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar